Perkuliahan di Utrecht Summer School -Part 1-

Terharu dan tak kuasa meneteskan air mata kala membaca pengumuman dari Nuffic Neso Indonesia, siang itu tanggal 31 Mei 2012, di perpus UI ( http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/kompetiblog-2012/para-pemenang-kompetiblog-2012 ). Karena tiap kali aku memperoleh pengumuman beasiswa yang aku ikuti, biasanya kata-kata terakhir di announcement tertulis seperti ini: ”I would encourage you to reapply next year if you are still interested in participating in this program”. Yang berarti aku belum berhasil lolos. Namun, kali ini lain, salah satu kata yang ada di announcement Neso tersebut adalah: “GEFELICITEERD !!!” “SELAMAT !!!”.

Ya..aku berhasil menjadi pemenang kompetiblog 2012 yang diadakan oleh Nuffic Neso Indonesia dan memperoleh beasiswa summer school di Universiteit Utrecht, alhamdulillaah..Usai sujud syukur, aku menelpon orang tua untuk mengabari anugerah ini, juga berbagi kebahagiaan ini dengan sahabat-sahabatku. Baik keluargaku maupun sahabat-sahabatku tak kalah terharunya denganku.

 

NUFFIC NESO INDONESIA

Nuffic Neso Indonesia (atau lebih dikenal NESO INDONESIA/the Netherlands Education Support Office- Indonesia) merupakan perwakilan resmi Nuffic di Indonesia, concern terhadap pendidikan tinggi di Belanda, mempromosikan dan menyediakan informasi mengenai lebih dari 1400 program studi di Belanda yang diselenggarakan dalam Bahasa Inggris.

Banyak beasiswa yang disediakan oleh Neso Indonesia untuk membantu kemajuan masyarakat Indonesia, mulai dari short course, partial scholarship, sampai full scholarship. Untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Yang paling dikenal di masyarakat umum adalah StuNed scholarship programme.

Info lebih lanjut, silahkan klik:

Salah satu scholarship yang disediakan oleh Neso Indonesia bekerjasama dengan Universiteit Utrecht adalah Utrecht Summer School melalui kompetiblog.

Menulislah dan Belanda Menanti! Tagline yang provokatif dan menggiurkan 😀

Terimakasih banyak Neso Indonesia telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mewujudkan salah satu impian saya, Bedankt 😀

 

UTRECHT SUMMER SCHOOL

Utrecht Summer School menawarkan lebih dari 150 program di hampir semua disiplin ilmu yang diikuti oleh student dari seluruh dunia. Dengan mengikuti USS tidak hanya belajar mengenai disiplin ilmu dari program yang diambil, tetapi juga memberikan kesempatan bagi kita untuk bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, mengikuti excursions ke berbagai kota di belanda maupun Negara lain seperti Belgia, bermacam-macam social gathering seperti cycling, scavenger hunt, Holland culture day, night canoeing, etc, mengenal lebih dekat sistem pendidikan tinggi di Belanda, dan pastinya pengalaman tinggal di Utrecht-Belanda yang tidak akan terlupakan.

Bagi yang ingin menegtahui lebih lanjut, silahkan klik :

 

PEMILIHAN COURSE

Neso Indonesia memberikan 4 pilihan course yang diselenggarakan oleh Utrecht Summer School yang bisa dipilih oleh pemenang kompetiblog 2012. Yaitu:

  1. European Cultures and Identities
  2. European Politics and Economy
  3. Dutch Culture: History and Art
  4. Dutch Culture: Society and Current Issues

Setelah melihat description dari ke empat course tersebut, aku tertarik dengan 2 course pertama, karena cakupan studynya lebih luas yaitu Eropa, dan ada satu lagi alasannya yaitu excursion-nya ke Brussel-Belgia 😀
Awalnya aku memilih course European Politics and Economy. Namun, detik-detik terakhir perhatianku beralih ke European Cultures and Identities.

 

NYAMANNYA ATMOSFER PERKULIAHAN DI UTRECHT SUMMER SCHOOL

Sebelum dimulai perkuliahan lebih tepatnya sebelum berangkat ke Belanda, student sudah diberi username dan password untuk mengaktifkan akses free wifi selama di tempat perkuliahan maupun di housing. Mantepnya niy kawan..internet disono ga ada buffering sama sekali, jadi kalau akses youtube atau download apapun ga perlu ngopi dulu buat nunggu, hehheee.

Selain itu, kami juga diberikan predeparture information, mengenai hal-hal apa saja yang harus kami persiapkan sebelum keberangkatan dan jadwal perkuliahan.

Dari perkuliahan yang saya ikuti di ruang kelas, dari tgl 2 – 13 Juli 2012, kesan yang saya peroleh:

 

Informasi dan “Amunisi” Lengkap

Saat kami memasuki ruang perkuliahan pertama kali di Kr.Nieuwegracht, di tiap meja student telah disediakan syllabus perkuliahan, buku catatan dan foldernya, juga buku paket.

Juga sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar mengajar, seperti ruangan yang nyaman, infocus dan layarnya, papan tulis dan spidolnya, computer dan akses internet super cepat, dsb.

 

On Time

Perkuliahan mulai dan selesai tepat waktu, jarang sekali dosennya datang terlambat. Kalaupun terlambat akan diinformasikan bahwa dosen tersebut terlambat, even terlambat 10 menit. So, datanglah before time.

 

Kelas International

Program “European Cultures and Identities” diikuti oleh 101 students dari 13 negara yang berbeda, didominasi oleh student dari china. Jika perkuliahan itu dilaksanakan di ruangan maka jadwal di pagi hari adalah morning lecture yang dilaksanakan di Kr.Nieuwegracht dengan kelas besar yaitu 101 student, sedangkan siang sampai sorenya adalah Afternoon Seminar yang dilaksanakan di Drift 21 dan 23, kami dibagi ke dalam grup dengan jumlah belasan student.

Beberapa teman berkata: “wahhh dapet beasiswa ke Belanda, berarti bahasa Belandanya jago dong..”

Aku: “boro-boro, cuma tau beberapa kata aja, hehee 😀 ”

Don’t worry be happy, perkuliahan dilaksanakan dengan bahasa Inggris.

 

Lecturer yang Capable, Friendly and Humble

Perkuliahan diisi oleh Dr dan Prof yang sangat menguasai bidangnya, namun tetap humble dan dekat dengan student, seperti tidak ada gap tetapi tetap saling menghargai. Mereka sangat menghargai pendapat studentnya, jadi jangan takut untuk menyampaikan pendapat, bertanya bahkan menyanggah.

 

Kelas yang “Hidup”
Sangat diperbolehkan sekali student interupsi di tengah perkuliahan. Entah itu untuk bertanya, menambahkan ataupun menyanggah. Apalagi pada saat afternoon seminar, kelas sangat interaktif, tidak hanya satu arah dari lecturer saja. Namun, student bebas mengeluarkan opininya. Tak jarang justru dari hasil diskusi, pembahasan mengenai materi jadi lebih mendalam.

 

Belajar Mandiri

Sebelum perkuliahan dimulai, dan untuk menghadapi kelas yang “hidup” sebaiknya membaca terlebih dahulu materi yang akan dibahas atau menambahkannya dengan literature yang lain. Terlebih bagi mahasiswa non-Eropa yang tidak tahu banyak tentang PolEkSosBud Eropa seperti saya ini, hehehee. Tapi waktu itu saya hanya membaca point2 yang penting saja, ga semuanya apalagi mencari literature yang lain. Hehhee.. Mohon maaf menjadi contoh yang kurang baik ya, hehehee, jangan ditiru ya kawan.

Tapi saat mengerjakan assignment atau menghadapi final exam, pastinya saya mencari tambahan literature yang lain. Bisa searching di internet ataupun berkunjung ke library, librarynya nyaman bangeeet…

Apalagi sebaiknya belajar itu tidak hanya pada saat ada perkuliahan tapi belajar merupakan proses terus menerus sepanjang hidup “lifelong learning” , istilah yang akhir-akhir ini sering digaungkan. Padahal berabad-abad yang lalu Rasulullah tercinta kita telah bersabda:

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ

“Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat”.

Tidak hanya terbatas pada bidang yang kita tekuni dan hanya di dalam ruangan persegi empat, tetapi sejatinya tempat belajar itu adalah di dalam laboratorium kehidupan itu sendiri. Semoga kita bisa mengamalkannya. Aamiin. Terlebih, Islam sangat menghargai ilmu pengetahuan dan mengutamakan orang-orang berilmu.

 

Teman-teman yang Menyenangkan

Cultural diversity yang menjadi background setiap student menjadikan kami saling bertukar cerita, bahkan souvenir. Nyaman untuk diajak berdiskusi mengenai perkuliahan, seru untuk hangout bareng, saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.

 

Semoga bisa memberi sedikit, ya sedikit sekali gambaran (karena hanya 2 minggu) mengenai suasana perkuliahan di Belanda buat temen-temen yang ingin melanjutkan study ke Belanda ataupun bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

 

SERUNYA PROGRAM UTRECHT SUMMER SCHOOL

Beberapa temanku bertanya: “udah ngerasa homesick belum?”

Hmmm…ga tuhh. Paling juga, kangen sama masakan mamah aja, heheheee.

Universiteit Utrecht mendesain summer school ini begitu sangat menyenangkan, Not only belajar di ruang persegi empat, But also beragam excursions ke berbagai kota di belanda maupun Negara lain seperti Belgia. Selain itu, terdapat juga program sports, social gatherings and festivities. Untuk excursions tiap program sudah ditentukan, untuk program yang aku ambil, excursionsnya adalah ke Brussels, Belgia, tepatnya ke European Parliament dan Royal Museum of Fine Arts. Untuk social gatherings dapat dipilih sesuai dengan keinginan kita dan ketersediaan ticket. Hampir setiap hari social gathering diadakan, mulai dari cycling, night canoeing, scavenger hunt untuk mengenal Utrecht City lebih dekat, Holland Culture Day -kunjungan ke salah satu world heritage yaitu kincir angin di Kinderdijk dan Cheese Farm di Gouda-, Indoor Picnic -mencicipi beragam kuliner dari berbagai Negara student-, Kunjungan ke Volendam -kota pelabuhan, baju tradisional Belanda- dan Rotterdam -Bendungan dahsyatnya Belanda-, dan masih banyak lagi.

Aku sampai bingung, ini “summer school” apa “summer holiday” ya? Hehhee 😀

Actually, really, really fun 😀

-To be continued-

 

Karawang, 3 Agustus 2012

16.45

Advertisements

14 thoughts on “Perkuliahan di Utrecht Summer School -Part 1-

  1. enviii banget mba waktu bacanya!!! 😀
    keren banget bukan cuma disuruh belajar tp udah kaya dapet liburan gratis di belanda!! thanks for sharing mba… semakin menambah gambaran dan keep fight utk studi di belanda! 😀

  2. pengalaman yg menarik sekali 😀 jdi pgen.
    mba ella boleh tanya ga sebenernya sma ga sih summer school dgn summer program ? aku suka agak bingung dgn keduanya.
    mksh sblmnya mba 😀

    • hmmm… biasanya suka ada penjelasannya di web, content kegiatannya ngapain aja.nah bisa kamu compare deh, bisa jadi sama cuma namanya aja yg beda, bisa jd bnr2 beda. tp yg pasti sama2 diadain pas summer, hehee 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s