Musuh bebuyutan yang membuat bangsa Belanda kreatif

Ayooo tebaak?
yup, betul sekali teman-teman. The oldest enemy that the Netherland has: WATER. Belanda dikenal dengan nama Netherlands yang berarti tanah rendah. Seperempat daratan Belanda berada di bawah permukaan laut. Bisa dibayangkan bagaimana Bangsa Belanda harus berpikir keras agar tidak tersapu air laut.

 

Tahun 1953 terjadi terjangan badai Laut Utara yang menewaskan 1835 orang dalam satu malam. Sebuah bencana nasional. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, dilaksanakanlah megaproject Deltaworks, sistem pertahanan banjir sepanjang Laut Utara. Deltaworks terdiri dari 13 bendungan raksasa dan menghabiskan waktu 30 tahun.

Bendungan dengan konstruksi paling rumit ini masuk ke dalam 7 wonders of the modern world. Banyak dijadikan referensi untuk keperluan studi teknologi manajemen air.

Mari kita telusuri lebih jauh sejarah Belanda yang membuat bangsa Belanda semakin kreatif karena air.

Terbatasnya daratan, memaksa Belanda mengeringkan sebagian perairan untuk pemukiman penduduk. Pengeringan Danau Beemster tahun 1612 adalah contoh mengagumkan bagaimana bangsa Belanda “menciptakan” sebagian besar daratan di bagian utara, barat dan barat daya. 43 kincir angin digunakan untuk memompa air hingga danau kering. Kincir angin dapat ditemukan hampir disetiap penjuru negeri Belanda untuk mengatasi banjir, membantu pertanian dan peternakan, hingga Belanda pun dijuluki negeri kincir angin. Kincir angin di Beemster dan kinderdijk tercatat dalam World Heritage UNESCO dan menjadi megnet ratusan ribu turis asing tiap tahunnya.

 

Lagi-lagi soal air, seusai banjir besar, campuran lumpur dan pasir mengakibatkan tanah menjadi subur. Hal ini dimanfaatkan orang-orang Belanda untuk membudidayakan bunga tulip. Ratusan ribu turis dari penjuru dunia datang ke flower exhibition di Keukenhof untuk menikmati keindahan tulip, dan bulb flowers lainnya yang terhampar bak permadani.

 

Kita beralih ke Amsterdam, ibu kota sekaligus kota terbesar di Belanda. Pada abad ke-17, meningkatnya imigran, menimbulkan permasalahan karena terbatasnya lahan. Berkat kecerdasan dan kreativitas Bangsa Belanda, dibangunlah tata kota Amsterdam yang memadukan elemen fungsional dan artistik. Jika dilihat dari udara, kanal-kanal Amsterdam membentuk setengah lingkaran terdiri dari kanal Herengracht, Keizergracht dan Prinsengracht di tengah kota. Kanal-kanal ini dimanfaatkan untuk memanjakan turis menyusuri keindahan kota menggunakan water-bus. Pada tahun 2010, prestasi Belanda bertambah dengan terdaftarnya kanal-kanal Amsterdam sebagai  World Heritage UNESCO.

 

Kreativitas Belanda yang dipicu “musuh bebuyutannya” tidak berhenti dan hanya dikenang sebagai sejarah. Namun, terus berlanjut hingga sekarang, terlebih untuk mengatasi kenaikan air laut akibat global warming.  Tahun 2008 Komisi Delta merencanakan improvement terhadap Deltaworks yang akan melindungi Belanda minimalnya sampai tahun 2100. Begitupun kincir angin yang dimanfaatkan sebagai penghasil energi altenatif ramah lingkungan, seperti di Plevoland-Lelystad yang terus di-expand. Hal ini menepatkan Belanda ke dalam 10 besar negara yang menggunakan kincir angin untuk menghasilkan tenaga listrik.

 

Sederetan hal di atas menjadi bukti kreativitas bangsa Belanda yang dipicu musuh bebuyutannya yaitu air. Tak heran jika Herman Scholten mengatakan dalam bukunya:

“Holland, surprisingly versatile” (Belanda, mengejutkan, cakap di berbagai bidang).

 

Semoga kita yang dari dulu sudah dimanjakan dengan Sumber Daya Alam yang melimpah di negeri kita tercinta INDONESIA, ketika menghadapi permasalahan yang kita anggap “musuh” harus bisa menjadikan “musuh” tersebut sebagai pemicu kreativitas kita. Orang-orang kreatif mampu melihat sesuatu yang orang biasa tak mampu melihatnya…

MOST PEOPLE SEE WINDMILLS, YOU SEE ENERGY

 

References:

Herman Scholten. Holland, English Edition. Almere: Bears Publishing.

National Geographic Traveler. Edisi Mei 2012. Vol. 4. No. 5.

http://entoen.nu/grachtengordel/id

http://entoen.nu/beemster/id

http://entoen.nu/watersnood/id

http://en.wikipedia.org/wiki/Keukenhof

http://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_angin

www.studyinholland.nl

http://www.7wonders.org/wonders/europe/netherlands/rotterdam/delta-works.aspx

http://www.ice2sea.eu/policy/case-study-rotterdam/

Pictures:

http://www.vidiani.com/?p=2673

http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands

http://cooldesktopbackgroundsx.com/regional-backgrounds/kinderdijk-windmills/

http://www.viamichelin.com/web/Weather/Weather_forecast-Lisse-_-Zuid_Holland-Netherlands?strLocid=31NDF1cXExMGNOVEl1TWpVMk1qYz1jTkM0MU5USXdOQT09

http://memorykeeper17.blogspot.com/2012/04/amazing-bulb-flowers-at-keukenhof.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Amsterdam

http://www.iddaily.net/2010_04_25_archive.html

http://www.iconspedia.com/icon/indonesia-flag-2282.html

http://coconutpin.com/2011/03/c-0002-merah-putih-i-love-indonesia/


Advertisements

18 thoughts on “Musuh bebuyutan yang membuat bangsa Belanda kreatif

    • waahhh elaa…serius baru tau sebanyak ini ttg kreatifnya Bangsa Belanda VS “musuh bebuyutannya”. Semoga isi artikel ini bermanfaat bagi org2 yang mngkin hanya mengenal Belanda dari sisi yang biasa mengemuka di dunia atau bahkan yang tidak ‘memandang’ Belanda yang notabene sudah menjajah Indonesia selama berabad-abad. Karena terlepas dari masa lalu itu, Belanda bisa dijadikan contoh untuk Indonesia dalam hal kreativitas sebuah bangsa dalam menghadapi bencana (secara gitu, di Indonesia sering terjadi bencana juga..hehehe)

      Dan semoga tulisan ini bisa mengantarkan dirimu sampai ke negeri kincir angin itu… \(^_^)/

      • aamiin ya Alloh…
        yup we must be creative and optimist ^^9 dlm mhadapi bbagai masalah yg qt anggap “musuh”…
        ya,Indonesia pst bisa ^^9

        aamiin, makasih y jeng do’anya, smg aq bs summer course k Utrecth University, Belanda…pngn bngt ngeliat langsung kreativitas mereka, huhuhuuu
        sbg pganti Huygens Scholarship-ku yg failed

        Semangaaattttttt!!!

    • yuhuwww, moga dgn launchingnya blog ini bikin aq makin semangat nulis, aamiin, dan yg penting klo aq komeng d blognya kamu, pp-ku bkn gambar yg aneh2 lg, hihihiii

      yup, dengan permasalahan di Indonesia yg segambreng moga qt bs lbh kreatif lg ^^9, makasih y buw komennya, sering2lah nti menjejakan kaki d blogku ini 🙂

  1. Alhamdulillaah…
    aq kaget bngt pas nda telp ngasih tau aq masuk semifinalis, ga nyangka, hiks…terharu
    one step closer 😀
    Smg salah satu impianku bs twujud, aamiin…

  2. Pingback: #263Belajar dari Negeri Penjinak Air | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s